Selamat datang di Myshoppi
Alamat Situs Website Resmi Kami adalah : https://myshoppi.id dan https://myshoppi.id
Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Globalindo Intinusa Abadi terkait penggunaan marketplace https://myshoppi.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs https://myshoppi.id maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Globalindo Intinusa Abadi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, pesebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di https://myshoppi.id
A. Definisi
- PT. GIA adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha melalui jasa web https://myshoppi.id yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Myshoppi.
- Situs Myshoppi adalah https://myshoppi.id
- Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Myshoppi yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Myshoppi, serta tata cara penggunaan sistem layanan Myshoppi.
- Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Myshoppi, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Myshoppi.
- Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Myshoppi.
- Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Myshoppi.
- Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
- Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Myshoppi untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Myshoppi dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
- Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Myshoppi untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada SitusMyshoppi. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Myshoppi.
- Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi Myshoppi yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak lainnya terkait Barang tertentu.
- Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Barang atau Penjual tertentu melalui Feed.
- Wallet Resmi Myshoppi adalah Wallet untuk proses transaksi jual beli di Situs Myshoppi. Wallet resmi Myshoppi dapat ditemukan di halaman https://www.https://myshoppi.id/help/article/metode-bayar-di-myshoppi.
- Internal Dropshipper adalah transaksi yang seluruhnya terjadi di ruang lingkup Myshoppi yang dilakukan oleh Penjual dengan membeli Barang dari Penjual lainnya dan menjualnya kembali melalui Situs Myshoppi.
B. Akun, Saldo Refund, Saldo, Penghasilan, Password dan Keamanan
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Pengguna secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi, layanan yang tersedia di Situs/Aplikasi, konten pihak ketiga yang berada di Situs/Aplikasi, penawaran di Situs/Aplikasi atau metode pembayaran yang berlaku di Situs/Aplikasi, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Pengguna membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Situs/Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Pengguna. Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Pengguna berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Pengguna dianggap telah dewasa secara hukum.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dengan melakukan pendaftaran akun pada Situs Myshoppi, Pengguna akan teridentifikasi melalui Profile ID yang terhubung kepada Profile Account, di mana Pengguna juga secara sukarela memberikan persetujuannya terhadap Syarat dan Ketentuan Profile Account.
- Myshooppi tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
- Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon dan satu email hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Myshoppi.
- Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
- Pembeli
- Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko/lapak.
- Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
- Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Myshoppi berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- Myshoppi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
- Myshoppi memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Myshoppi, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Penalti Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa Myshoppi berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
- Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan, memodifikasi, membongkar, melakukan kegiatan penggandaan, menjual kembali dan/atau kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data Situs/Aplikasi dengan teknologi otomatis atau manual tanpa adanya izin dari Myshoppi.
- Pengguna menyetujui untuk tidak menggunakan dan/atau mengakses sistem Myshoppi secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat mengakibatkan melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Situs Myshoppi.
- Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem Myshoppi, seperti namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) membuat banyak akun; (iii) memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan Myshoppi; (iv) kegiatan perambanan (crawling/scraping) atau penyalinan konten; (v) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi,dan lain sebagainya; (vi) penambahan produk ke etalase; (vii) mengumpulkan (harvest) atau mencuri data pengguna; (viii) melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau (ix) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem.
- Myshoppi memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
- Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs Myshoppi.
- Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs Myshoppi, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke Wallet/rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
- Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs Myshoppi dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
- Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke Wallet/rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs Myshoppi, namun dapat digunakan untuk fitur-fitur berlangganan yang membantu Penjual, seperti TopAds atau promo cashback toko.
- Myshoppi memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Myshoppi.
- Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
- Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan nama toko dan/atau domain toko sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Myshoppi. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama toko dan/atau domain toko telah sesuai dengan yang diinginkan dan Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama toko dan/atau domain toko yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum perubahan nama toko dan/atau domain toko tetap mengikat Pengguna.
- Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan dan Myshoppi berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.
- Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
- Myshoppi tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Myshoppi menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Myshoppi atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
- Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Myshoppi jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Myshoppi tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh Myshoppi melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah PPN sesuai dengan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia Telkomsel.
- Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
C. Transaksi Pembelian
- Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Myshoppi. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Myshoppi akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Myshoppi telah selesai.
- Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi Myshoppi tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. Myshoppi telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi Myshoppi muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi Myshoppi akan akurat.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
- Myshoppi tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut, sehingga ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, dengan situasi sebagai berikut:
- jika stok Barang kosong, maka Penjual dapat menolak pesanan dan pembayaran atas Barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- jika Pembeli membeli lebih dari 1 (satu) Barang berbeda dan terdapat stok Barang yang kosong, maka Penjual dapat menerima pesanan Barang sebagian dengan persetujuan Pembeli dan Pembeli akan menerima pengembalian pembayaran sebagian.
- jika Pembeli membeli lebih dari 1 (satu) Barang yang sama dan Penjual tidak dapat memenuhi seluruh pesanan, maka Penjual dapat menerima pesanan Barang sebagian dengan persetujuan Pembeli dan Pembeli akan menerima pengembalian pembayaran sebagian.
- Penerimaan pesanan Barang sebagian oleh Penjual tidak dapat diproses tanpa persetujuan Pembeli, sehingga jika terdapat perubahan stok Barang, maka Pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui Aplikasi Myshoppi dan Pembeli dapat menyetujui atau menolak tawaran Penjual sesuai batas waktu konfirmasi pesanan berdasarkan jenis pengiriman yang dipilih. Jika tidak ada konfirmasi dari Pembeli, maka pesanan akan dibatalkan secara otomatis.
- Pembeli memahami dan menyetujui dengan menerima pesanan Barang sebagian, maka pengembalian pembayaran sebagian akan diterima oleh Pembeli ketika transaksi selesai sebagaimana dijelaskan pada poin 20 dan 21 di bawah dst.
- Jika stok Barang kosong, maka Penjual dapat menolak pesanan dan pembayaran atas Barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Wallet/Rekening Resmi Myshoppi dan/atau tanpa sepengetahuan Myshoppi (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Myshoppi atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- Myshoppi memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Pembeli menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi Myshoppi pada saat Pembeli melakukan transaksi pembelian, Myshoppi akan meneruskan data informasi Pembeli kepada Penjual.
- Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PT Globalindo Intinusa Abadi tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli, apabila Pembeli melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
- Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1×24 jam) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Myshoppi memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
- Pembeli disarankan untuk memeriksa dan melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh keterlambatan berdasarakan barang tertentu yang kurs naik turunnya harga adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian dana dari Myshoppi kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
- Pembeli menyetujui penerimaan Barang sebagian yang ditawarkan oleh Penjual,
- Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
- Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
- Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
- Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Myshoppi.
- Apabila terjadi proses pengembalian Coin, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
- Pembeli dilarang untuk membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi atau lebih secara terpisah untuk membagi nilai pembayaran (split payment) dengan tujuan memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menghubungi Penjual untuk melakukan perubahan harga dan/atau membeli beberapa produk untuk membagi jumlah harga dari suatu produk yang diinginkan.
- Pembeli memahami dan menyetujui untuk melepaskan Myshoppi dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan Barang baik sebagian maupun seluruhnya.
- Myshoppi berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi pembelian menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi dan/atau pembatalan promo atau cashback.
- Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Myshoppi. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli bertanggungjawab untuk menjaga informasi terkait transaksi dan pengiriman melalui Situs/Aplikasi Myshoppi. Seluruh tindakan termasuk namun tidak terbatas pada kesepakatan yang dilakukan atas transaksi pembelian, pengembalian maupun penukaran Barang diluar Situs/Aplikasi Myshoppi adalah bukan tanggung jawab Myshoppi, sehingga klaim serta kerugian yang timbul akibat tindakan tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pihak secara pribadi.
- Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Myshoppi memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus “terkirim” pada sistem Myshoppi, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Myshoppi.
- Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Myshoppi akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Myshoppi. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Myshoppi berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Myshoppi adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Pengguna memahami dan menyetujui jika ditemukan adanya indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan Myshoppi atau ketentuan hukum yang berlaku, maka Myshoppi berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pembatasan pilihan metode pembayaran, melakukan pembatalan transaksi tanpa pemberitahuan sebelumnya.
D. Transaksi Penjualan
- Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
- Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin 10. Jenis Barang.
- Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Myshoppi berhak membatalkan/ menahan dana transaksi.
- Dalam menggunakan Fasilitas “Judul Produk”, “Foto Produk”, “Catatan” dan “Deskripsi Produk”, Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan Myshoppi, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan Myshoppi.
- Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima, menerima sebagian, atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Myshoppi. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
- Dalam hal Penjual menerima pesanan Barang sebagian, Penjual dapat mengubah jumlah pesanan Barang yang masuk dari Pembeli karena alasan ketersediaan stok Barang, untuk kemudian pesanan Barang dapat diproses oleh Penjual menjadi pesanan Barang sebagian.
- Penerimaan pesanan Barang sebagian hanya dapat diproses oleh Penjual dengan persetujuan dari Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa jika Penjual melakukan penerimaan pesanan Barang sebagian melebihi batas yang telah ditentukan oleh Myshoppi, maka akan berpengaruh pada skor toko Penjual.
- Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Myshoppi berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
- Penjual dilarang untuk menyediakan metode pembayaran terpisah (split payment) dan/atau membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi yang berbeda dengan tujuan untuk memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menggunakan layanan “varian produk” atau menjual beberapa produk sehingga membagi jumlah harga atau transaksi dari suatu produk yang diinginkan.
- Penjual memahami dan menyetujui untuk melepaskan Myshoppi dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan produk baik sebagian maupun seluruhnya.
- Myshoppi berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi penjualan menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi, penyesuaian reputasi toko, penghapusan produk, moderasi toko, dan/atau penutupan toko.
- Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. Myshoppi berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.
- Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
- Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
- Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Myshoppi; dan/atau
- Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
- Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Myshoppi.
- Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh Myshoppi kepada Penjual.
- Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
- Myshoppi berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs Myshoppi; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Myshoppi; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper)
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
- Myshoppi berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Myshoppi adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
- Myshoppi berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
- Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
E. Penataan Etalase
- Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Myshoppi.
- Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan
- Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
- Penamaan Barang dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang tersebut.
- Penjual yang menambahkan referensi video pada etalase Toko yang bersumber dari link pihak ketiga, maka Penjual wajib untuk mematuhi kebijakan yang dipersyaratkan oleh pihak ketiga tersebut termasuk namun tidak terbatas pada persyaratan layanan Youtube dan kebijakan privasi Google apabila Penjual menambahkan referensi video yang bersumber dari Youtube maupun Google.
- Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
- Myshoppi berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan penarikan subsidi (cashback), pembatalan benefit Rewards, penurunan konten dan/atau moderasi toko, apabila didapati pelanggaran sebagaimana diatur pada Point E.4 dan E.5.
- Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
- Myshoppi memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
- Myshoppi memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Myshoppi.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa Myshoppi dapat melakukan penghapusan Barang yang terdapat di etalase toko apabila Barang tersebut memenuhi kriteria penghapusan sebagaimana ditentukan oleh Myshoppi. Penghapusan Barang termasuk pada data-data terkait yang relevan dengan Barang tersebut.
- Dalam hal Barang yang terdapat di etalase toko Penjual memenuhi kriteria penghapusan, Barang tersebut akan masuk ke dalam masa tenggang di mana Penjual diberi waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebagaimana relevan untuk menghindari penghapusan oleh sistem.
- Apabila masa tenggang Barang telah berakhir dan Penjual tidak melakukan perbaikan-perbaikan sebagaimana relevan, maka Penjual menyetujui penghapusan yang dilakukan oleh Myshoppi.
F. Biaya Layanan
- Biaya Layanan merupakan biaya atas penggunaan dan pemanfaatan layanan Situs/Aplikasi dalam pelaksanaan transaksi pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh Pengguna pada Situs/Aplikasi.
- Biaya Jasa Aplikasi merupakan biaya penggunaan pada Situs/Aplikasi Myshoppi untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanan melalui Situs/Aplikasi Myshoppi.
- Myshoppi tidak mengetahui dan oleh karenanya tidak dapat menjamin keabsahan Barang yang dijual atau dibeli secara mandiri oleh Pengguna, untuk itu Pengguna wajib memastikan bahwa Barang yang dijual atau dibeli tidak melanggar ketentuan dalam poin J. Jenis Barang dan/atau ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
- Dalam hal ditemukannya dan/atau terdapat dugaan pelanggaran Barang pada transaksi Pengguna, maka Biaya Layanan yang dikenakan pada Penjual dan Biaya Jasa Aplikasi atas transaksi yang dikenakan kepada Pembeli akan dikembalikan kepada masing-masing Pengguna. Pengguna dengan ini menjamin, membebaskan dan melepaskan Myshoppi dari segala tuntutan hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.
G. Harga
- Harga Barang yang terdapat dalam situs Myshoppi adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
- Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs Myshoppi. Myshoppi berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Myshoppi atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Myshoppi dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Myshoppi.
- Dengan melakukan pemesanan melalui Myshoppi, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
- Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp. 10.000.000.000,-
- Situs Myshoppi untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.
H. Tarif Pengiriman
Pembeli memahami dan mengerti bahwa Myshoppi telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Myshoppi tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
Karena itu Myshoppi menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan Myshoppi, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab Myshoppi, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.
I. Konten
- Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Myshoppi, Pengguna dilarang untuk menggunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, video atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Myshoppi, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Myshoppi. Myshoppi berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
- Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
- Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
- Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Myshoppi, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
- Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Myshoppi berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
- Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Myshoppi dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Myshoppi hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Myshoppi.
- Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Myshoppi. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Myshoppi.
- Myshoppi menyediakan fitur “Diskusi Produk melalui livechat” untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
- Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Myshoppi bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
- Myshoppi berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
- Penjualan produk yang mengandung tembakau dan/atau rokok elektrik hanya diperkenankan dijual di aplikasi selain versi Android dan harus berada di dalam 6 (enam) kategori tertentu, yaitu:
- Kategori Produk Dewasa Lainnya;
- Kategori E-cigarettes;
- Kategori Liquid Vape;
- Kategori Paket Vaporizer;
- Kategori MOD; dan/atau
- Kategori Atomizer.
- Myshoppi berhak untuk sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan penurunan konten produk di aplikasi Myshoppi pada setiap produk tembakau / rokok elektrik atau pun produk penunjangnya, produk obat-obatan atau vitamin yang mengandung zat yang dilarang, atau produk digital yang seharusnya dibeli melalui suatu aplikasi secara langsung. sesuai dengan Kebijakan Google Play Store yang dapat dilihat pada:
- Myshoppi berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa penurunan reputasi toko atau moderasi toko, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur dalam poin I. 12 dan 13, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama, gambar, deskripsi, kategori produk, dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabui penjualan konten.
J. Jenis Barang
Berikut ini adalah daftar jenis Barang dan Jasa yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Myshoppi:
- Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
- Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
- SNI;
- Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
- Label dalam Bahasa Indonesia.
Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut.
- Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Barang yang merupakan hasil dan/atau terkait pelanggaran Hak Cipta atau Merek, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Penggunaan Merek pihak lain tanpa izin, termasuk namun tidak terbatas pada pada nama, deskripsi, video, atau foto produk;
- Barang palsu / imitasi / bajakan;
- Penggunaan hak cipta pihak lain tanpa izin pada Barang yang dijual;
- Pelanggaran hak cipta pihak lain tanpa izin pada gambar, video, atau deskripsi produk; dan/atau
- Pelanggaran hak kekayaan intelektual lainnya pada Barang yang dijual.
- Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.
- Minuman beralkohol.
- Iklan.
- Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
- Pakaian dalam bekas.
- Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.
- Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
- Seragam pemerintahan.
- Bagian/Organ manusia.
- Mailing list dan informasi pribadi.
- Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
- Pestisida, kecuali pestisida untuk penggunaan yang telah mempunyai nomor pendaftaran dan izin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
- Atribut kepolisian.
- Barang hasil tindak pencurian.
- Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
- Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
- Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
- Hewan berbahaya dan/atau Hewan yang dilindungi, Penjual dan Pembeli wajib memperhatikan ketentuan penjualan hewan peliharaan pada Situs/Aplikasi.
- Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.
- Materai, kecuali materai tempel yang dijual oleh Penjual yang merupakan pihak yang ditunjuk secara resmi oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk menjual meterai tempel melalui Situs/Aplikasi.
- Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi
- Perlengkapan dan peralatan judi.
- Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
- Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
- Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (telepon, listrik, game, dan/atau credit digital), tiket pesawat dan/atau tiket kereta.
- Tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik.
- Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya
- Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
- Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Segala jenis Jasa kecuali untuk penawaran yang berasal dari Myshoppi dan afiliasinya termasuk namun tidak terbatas pada jasa print, jasa kebersihan, jasa wedding dan parenting.
- Segala jenis Barang yang isinya tidak pasti, bersifat acak dan/atau undian, termasuk namun tidak terbatas pada Produk Kotak Misteri. Ketentuan tersebut di kecualikan untuk Official Store dan Afiliasi Myshoppi.
- Alat Kesehatan yang wajib memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan atau tidak boleh diperdagangkan secara bebas.
K. Promo
- Myshoppi sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
- Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Myshoppi untuk mengikuti setiap promo Myshoppi. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Myshoppi.
- Pastikan nomor handphone yang sudah terverifikasi aktif pada saat melakukan transaksi. Jika terjadi perubahan nomor handphone pada akun Myshoppi pengguna karena nomor sebelumnya sudah tidak aktif, maka pengguna tidak akan mendapatkan fasilitas promo cashback dan sebagainya.
- Myshoppi berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, melakukan pembatasan metode pembayaran serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Myshoppi dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
- Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
- Jika terdapat selisih antara berat Barang pada deskripsi produk dengan berat Barang yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang pada data pihak kurir/logistik;
- Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid dan/atau resi pengiriman dari transaksi Myshoppi. Penjual yang mempergunakan resi pengiriman invalid dan/atau resi pengiriman yang bukan dari transaksi Myshoppi, maka Penjual tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau
- Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Myshoppi, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
- Setiap Promo Myshoppi tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi pengiriman sebagai berikut:
- Resi pengiriman yang diinput lebih dari 1 (satu) kali. Jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali atau lebih, maka manfaat Promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh Pembeli pertama. Benefit Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (Pembeli kedua).
- Resi pengiriman yang bukan dari transaksi Tokopedia. Jika ditemukan Penjual menyertakan resi pengiriman yang bukan dari transaksi Myshoppi, maka manfaat Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi tersebut dan/atau akan dilakukan penarikan kembali Promo yang sudah diberikan sesuai dengan yang diberikan oleh Myshoppi.
- Setiap PromoMyshoppi tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, paket data, dan minuman beralkohol.
L. Pengiriman Barang
- Pengiriman Barang dalam sistem Myshoppi wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Myshoppi yang tertera pada layanan pengiriman untuk dipilih oleh Pembeli. Apabila Penjual memasukkan resi di luar dari resi partner rekanan Myshoppi (termasuk di dalamnya resi pengiriman dari kurir luar negeri), Myshoppi berhak untuk menolak resi tersebut; dimana hal ini dapat mengakibatkan dibatalkannya sebuah pesanan.
- Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
- Kurir pengiriman untuk semua transaksi menggunakan layanan instant ditentukan berdasarkan ketersediaan kurir dan performa kurir yang terbaik untuk pembeli.
- Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa Penjual wajib memenuhi standar pengemasan pengiriman Barang berdasarkan ketentuan kategori Barang sebagai berikut:
- Cairan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile. Optional menggunakan packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan).
- Elektronik (baterai, komputer, handphone, dan laptop), barang pecah belah, barang tajam / runcing wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile.
- Makanan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile.
- Lain-lain wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, dan peredam ruang kosong. Optional menggunakan lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile.
- Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Myshoppi tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
- Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak Myshoppi sesuai dengan ketentuan batas waktu pelaporan dan klaim masing-masing penyedia jasa layanan pengiriman Barang yang digunakan Pembeli dan Penjual.
M. Penarikan Dana
- Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1×24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2×24 jam hari kerja.
- Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
- Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Myshoppi, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Myshoppi berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
- Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin M. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Myshoppi.
N. Ketentuan lain
- Apabila Pengguna mempergunakan fitur/layanan yang tersedia dalam Situs/Aplikasi Myshoppi, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur/layanan yang digunakan.
- Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Myshoppi secara umum.
- Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Myshoppi, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi Myshoppi.
O. Penolakan Jaminan dan Batas Tanggung Jawab
Myshoppi adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website Myshoppi. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Myshoppi, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Myshoppi secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
Myshoppi selalu berupaya untuk menjaga Layanan Myshoppi aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Myshoppi memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Myshoppi atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Myshoppi diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Myshoppi (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Myshoppi bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
- Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Myshoppi.
- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layananMyshoppi.
- Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Myshoppi.
- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
- Kualitas Barang.
- Pengiriman Barang.
- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
- Perselisihan antar pengguna.
- Pencemaran nama baik pihak lain.
- Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Wallet atau Rekening Resmi Myshoppi, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Myshoppi ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
- Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, Power Merchant Pro, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Myshoppi.
- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Myshoppi.
- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Myshoppi.
- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Myshoppi yang diduga palsu.
- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
P. Pelepasan
Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Myshoppi (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
Q. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan Myshoppi dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Myshoppi (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Tokopedia yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
R. Pilihan Hukum
Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
S. Pembaharuan
Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Myshoppi menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Myshoppi, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.
T. Biaya layanan dan biaya jasa aplikasi
Biaya Layanan yang dikenakan kepada Pengguna dan/atau Biaya Jasa Aplikasi yang dikenakan kepada Pembeli adalah biaya yang dikenakan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui Situs/Aplikasi Myshoppi.