Pertanyaan Seputar Data Pribadi di Myshoppi
1. Apa saja data pribadi yang dikumpulkan & diproses oleh Myshoppi?
Myshoppi mengumpulkan Data Pribadi Pengguna seperti Nama, Alamat lengkap, KTP, NPWP, dll. Sebagaimana tertulis dalam bagian A Kebijakan Privasi dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs.
“” Perlu dicatat bahwa Pengguna dapat memilih untuk tidak memberikan beberapa data, namun hal ini mungkin dapat menyebabkan beberapa fitur layanan Myshoppi tidak dapat diakses. Pengguna juga dapat mengakses, menghapus, atau memperbarui data yang telah diberikan. Seperti yang tercantum di bagian F Kebijakan Privasi.
2. Bagaimana cara Myshoppi mendapatkan data pribadi saya?
Myshoppi mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku yang diperoleh melalui:
- Data yang diserahkan secara mandiri – seperti detail alamat pengiriman, pembaruan akun, verifikasi toko;
- Data yang terekam saat menggunakan platform Myshoppi – seperti waktu pendaftaran, login & transaksi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih;
- Data yang diperoleh dari sumber lain, seperti mitra usaha Myshoppi, dan penyedia layanan finansial;
Informasi selengkapnya terkait penjelasan di atas dapat ditemukan di bagian A Kebijakan Privasi
3. Mengapa Myshoppi mengumpulkan & menggunakan data pribadi saya?
Seperti yang dijelaskan di bagian B Kebijakan Privasi mengenai Tujuan Pemrosesan Data Pribadi, pengumpulan dan pemrosesan data pribadi bertujuan untuk:
- Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs;
- Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan seperti fasilitas marketplace yaitu iklan, rekomendasi produk, asuransi, pembiayaan serta fitur personalisasi seperti keranjang, wishlist, dan toko favorit.
- Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan layanan Pelanggan Myshoppi.
- Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku serta tindak lanjut yang diperlukan atas monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
4. Apa hak saya terkait data pribadi yang dikumpulkan & diproses oleh Myshoppi?
Sebagaimana dijelaskan di bagian E dan G dari Kebijakan Privasi, Sebagai pemilik data, kamu berhak:
- memberikan persetujuan terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkat pribadi (yaitu untuk perangkat iOS, akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Myshoppi pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Myshoppi pertama kali dimuat.)
- memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap penjual maupun pembeli. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna dimana kamu juga dapat memilih mengaktifkan fitur “Sembunyikan Namamu” saat akan memberikan ulasan apabila informasi tersebut ingin ditampilkan secara privat.
- mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur Akun Saya dan juga dapat melalui kanal Layanan Pelanggan dengan menyerahkan secara sadar bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut.
- menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan dari Admin yang dikirimkan oleh Myshoppi melalui fitur pengaturan pada Situs serta pemrosesan data pribadi lain dibawah kendali Myshoppi melalui kanal Layanan Pelanggan dengan mengirimkan permintaan yang akan diproses dalam kurun waktu yang wajar untuk selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selain hal diatas, keakuratan data yang dikumpulkan dan diproses oleh Myshoppi merupakan tanggung jawab pengguna, oleh karena itu, pengguna dapat mengoreksi atau memperbarui data pribadi melalui menu Akun Saya, Myshoppi.
Untuk memaksimalkan pemenuhan hak atas data pribadimu, kamu juga dapat melakukan tindakan – tindakan pencegahan untuk melindungi akun pribadi dan membaca mengamankan akun.
5. Apakah data pribadi saya akan diproses oleh pihak ketiga?
Pengungkapkan dan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Myshoppi, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia dapat dimungkinkan untuk menyediakan layanan yang kamu gunakan.
Selain itu, Myshoppi mungkin perlu membagikan data pribadi pengguna kepada;
- Anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Myshoppi.
- Pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna.
- Aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah.
Pemrosesan Data Pribadi Pengguna (oleh Pihak Ketiga) hanya terbatas pada satu atau lebih tujuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku dan juga merujuk pada syarat dan ketentuan dari tiap – tiap layanan dan dikelola secara berkala dalam proses internal kami.
Kamu dapat membaca detail tujuan pengungkapan data pribadi dan pihak penerima data di Bagian C, Kebijakan Privasi Myshoppi.